Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
1.
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1.
Melakukan operasi hitung
bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
|
o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk
melakukan perhitungan secara efisien
o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan
terdekat
o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
||
1.2.
Menggunakan faktor prima untuk
menentukan KPK dan FPB
|
Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
|
|||
1.3.
Melakukan operasi hitung
campuran bilangan bulat
|
o Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan bulat
o Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
|
|||
1.4.
Menghitung perpangkatan dan akar
sederhana
|
o Mencari hasil pemangkatan dua
o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan berpangkat dua
o Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
o Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan
kuadrat
o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan bulat
|
|||
1.5.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
o Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat
|
|||
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam
pemecahan masalah
|
2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
|
o Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
|
||
2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu
|
o Melakukan operasi hitung satuan waktu
o Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
|
|||
2.3.Melakukan pengukuran sudut
|
o Menentukan dan menaksir besar sudut
o Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat
|
|||
2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan
|
o Mengenal hubungan antarsatuan jarak
o Menghitung satuan jarak
o Mengenal macam-macam satuan kecepatan
o Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung
|
|||
2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan
kecepatan
|
o Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan
|
|||
3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
3.1. Menghitung luas trapesium dan layanglayang
|
o
Menemukan Rumus Luas Trapesium
dan Layang-Layang
o
Menghitung Luas Trapesium dan
Layang-Layang
|
||
3.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan
dengan luas bangun datar
|
o Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang
|
|||
4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam
Pemecahan Masalah
|
4.1. Menghitung volume kubus dan balok
|
o Mencari Volume Kubus dan Balok
o Mengenal rumus volume kubus dan balok
o Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus
o Mengenal satuan volume yang baku
|
||
4.2.
Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
o Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok
|
|||
Jumlah
|
No comments:
Post a Comment